VISI & MISI

 
Visi Kecamatan Balige:

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, yang mencerminkan harapan yang ingin dicapai dilandasi  oleh kondisi dan potensi serta prediksi  tantangan dan peluang pada masa yang akan datang. Dalam mendukung Visi Pemerintah Kabupaten Toba Samosir: “TOBASA HEBAT TAHUN 2020”, maka Kecamatan Balige menyusun Rencana Strategis untuk merealisasikan hal tersebut diatas melalui Rencana Strategis 2016-2021.

 

Misi Kecamatan Balige:

Misi disusun  dalam rangka menginplementasikan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam mewujudkan visi. Misi merupakan penggambaran visi yang akan dicapai, misi disusun untuk memberikan kerangka tujuan dan sasaran serta arah kebijakan yang akan dicapai dan menentukan langkah yang harus  ditempuh untuk mencapai visi.

Misi disusun memperhatikan faktor-faktor lingkungan strategis, baik internal dan eksternal (kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi).

Sesuai dengan Visi Kabupaten Toba Samosir tersebut telah mengakomodir risalah/tinjauan Penyelarasan dan Integrasi terhadap Pencapaian Target Prioritas Nasional (Nawacita), Standard Pelayanan Minimal, Propinsi dan Rancangan Peraturan Daerah tentang RT/RW Kabupaten Toba Samosir, maka untuk pencapaian Visi dan Misi Bupati/Wakil Bupati terpilih dengan sasaran umumnya meliputi:

  1. Mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih, dengan memastikan kenyamanan PNS dalam memberikan pelayanan kepada rakyat.
  2. Mewujudkan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan irgasi serta fasilitas umum lainnya.
  3. Meningkatkan kualitas Pendidikan memberi insentif khusus bagi para guru yang mengabdi di daerah terpencil.
  4. Menggelorakan semangat pembangunan dari desa ke kota sebagaimana program Presiden RI Jokowi.
  5. Memberdayakan masyarakat adat dengan melakukan pendekatan nilai- nilai kearifan lokal, berbasis budaya Batak.
  6. Menjamin asas keadilan bagi masyarakat (agama, suku dan komunitas masyarakat lainnya).